image

Blog Menjadi Seo Friendly

Adsense Indonesia

Hal pertama yang  dibutuhkan adalah mengecek seo blog di  Chkme.com, selanjutnya dengan mengoptimalkan kualitas artikel dan  juga mengoptimalkan keyword dan nilai meta untuk artikel tersebut.

Panduan dasar untuk membuat blog menjadi SEO friendly adalah :


Format link posting URL blog

Permanent Link berperan besar dalam peringkat artikel dalam posisi di search engine, ada beberapa aturan yang diperlukan dan juga harus mengikuti aturan tentang permalink di blog.

Dan yang paling diperhatikan adalah :

       *Judul postingan tidak boleh melebihi 50 karakter

       *Jangan gunakan stop Words dalam permalink dan Meta Tag,

Seperti contoh : dalam, dan,sebuah, ke, yang, dan sebagainya.

stop words ini tidak baik untuk search engine karena jika menggunakan permalink dengan kata-kata dalam daftar stop words, maka pengindekan kata kunci akan di abaikan sampai kata stop words oleh google,namun saat menulis sebuah artikel, ada pilihan untuk mengedit permalink artikel tersebut, cukup menggunakan atau mengedit di panel pengaturan permalink.


Mempertahankan kepadatan kata kunci

Kata kunci merupakan aspek penting untuk posisi artikel di search engine, tertalu sedikit keyword di artikel akan menyebabkan kurangnya peringkat dan isian keyword, akan tetapi tidak perlu juga melakukan penempatan keyword yang terlalu banyak karena bisa menyebabkan over optimasi. Setelah selesai membuat post, analisis post tersebut untuk mengetahui posisi yang tepat untuk penempatan keyword.


Label yang tepat dalam postingan

Label menambahkan kepadatan kata kunci dari post, label harus mempunyai pelebaran sesuai dalam kategori daripada single kategori, label mempengaruhi tulisan artikel terkait di dalam blog. Banyak postingan dengan label yang sama di tandai di label tersebut akan mempengaruhi susunan artikel di related post atau artikel terkait di blog.


Format judul postingan blog

Berbicara tentang SEO Friendly, maka format judul sangatlah memainkan peran utama, maka penempatannya biasanya Judul posting di tempatkan di awal dan diikuti oleh judul blog.

Keyword yang di targetkan di search engine adalah judul artikel baru di ikuti oleh judul blog,

dan untuk mengoptimalkannya adalah dengan mengganti title.

Masuk ke 'Edit HTML'


Cari kode html seperti di bawah ini,


<title> <data: blog.pageTitle /> </ title>


Ganti kode tersebut dengan kode dibawah ini,



<b:if cond= 'data:blog.pageType == &quot;index&quot;'>

<title><data:blog.title/></title>

<b:else/>

<title><data:blog.pageName/></title> </b:if>



Optimasi SEO untuk gambar

Optimasi gambar untuk SEO dengan menggunakan tag alt dan tag title di setiap gambar, dan ini bisa di lakukan secara manual dilakukan setelah mengupload gambar, optimasi tag alt dan tag title untuk memberi tahu mesin pencari tentang inforamasi tentang gambar tersebut saat melakukan pencarian dengan gambar sesuai title. Cukup klik kanan pada gambar dan klik properti lalu masukkan title pada gambar tersebut.


Menambahkan meta deskripsi

Meta tag menghasilkan tag Html yang di gunakan oleh mesin pencari untuk mengedintifikasi judul,deskrispsi dan rincian lain dari URL, memang tidak banyak berpengaruh tapi akan memiliki sedikit dampak pada kata kunci yang di targetkan.


Link eksternal nofollow

Nofollow adalah atribut Html yang tercantum pada hyperlink. Ketika menggunakan link keluar ke website lain,  bisa menggunakan rel='nofollow' atribut setelah URL, untuk mencegah mesin pencari merayapi link tersebut.

Thanks for reading & sharing Sihaloho Sidapitu