Partisi Hardisk Saat Instal Ulang Windows

Windows adalah salah satu sistem operasi yang paling banyak di minati dan digunakan di Indonesia, selain memiliki fitur-fitur yang komplit Windows juga memberikan kemudahan dalam mengakses setiap fitur yang terdapat di dalamnya. Kebanyakan penjual gadget , PC atau laptop sudah menyertakan sistem operasi Windows yang telah terinstall pada produk mereka di pasaran, sehingga kita tidak perlu pusing lagi memikirkan cara menginstall sistem operasi pada gadget kita. Tetapi, bagaimana jika PC atau laptop yang kita beli belum terpasang sistem operasi? Ingin mencoba menginstallnya sendiri? Berikut adalah tahap demi tahap cara install sistem operasi windows, hal pertama yang harus dipersiapkan adalah DVD Windows.
Langkah 1

Atur bios pada PC/laptop agar booting pertama menjadi ke DVD. Untuk melakukan pengaturan pada bios biasanya ketika PC menyala terdapat keterangan key/tombol mana yang harus ditekan untuk bisa masuk ke menu bios, misal tombol F2 atau tombol Del. Ketikan berada di dalam menu bios, cari pengaturan booting dan ubah booting pertamanya ke perangkat DVD. Kemudian masukan DVD Windows dan restart. Ketika PC kembali menyala akan tampil perintah "Press any key to boot from CD or DVD... " segera klik pada sembarang tombol keyboard dan PC pun mulai mempersiapkan file yang dibutuhkan untuk melakukan installasi seperti gambar di bawah.


image




Langkah 2
Setelah semua file siap, akan tampil Starting Windows dilanjutkan pengaturan bahasa, format waktu dan input keyboard. Atur seperti gambar di bawah kemudian klik next.


image



Langkah 3
Kemudian tampilan akan terlihat seperti gambar di bawah ini, klik pada pilihanInstall now maka pengaturan pun dimulai. Jangan lupa mencentang pilihan "I accept the license terms" ketika jendela lisensi ditampilkan, klik next,


image


Langkah 4
Selanjutnya kita masuk ke tahap berikutnya, yaitu pilihan apakah kita akan mengupgrade sistem operasi atau melakukan install ulang pada PC kita. Pilih pilihan kedua Custom advanced


image


Langkah 5
Langkah ini adalah tahap pembagian partisi pada hardisk kita. Klik pada Drive options advanced untuk memulai melakukan partisi pada hardisk.


image



Pada drive option, klik New


image


Masukkan besarnya kapasitas penyimpanan pada partisi yang akan kita buat. Pada tutorial ini membagi hardisk 80Gb menjadi 2 partisi dan mengisi angka 40000 yang artinya 40Gb untuk partisi pertama yang akan kita buat. Jangan lupa klik Apply.


image


Klik Ok jika terdapat peringatan seperti gambar di bawah ini,


image


Lakukan hal yang sama pada sisa hardisk yang belum terpakai, sehingga akan terlihat seperti gambar di bawah ini.


image


Klik pada Disk 0 Partition 2 yang nantinya akan menjadi drive C (system) kemudian klik Next.

Langkah 6
Installasi pun dimulai, sistem akan mengcopy dan melakukan installasi pada file-file yang terdapat pada DVD WIndows. Jika telah selesai sistem akan secara otomatis melakukan restart.


image



Langkah 7
Setelah restart, biarkan windows kembali menyala dan melanjutkan proses installasi hingga selesai. Jika telah selesai, windows akan kembali melakukan restart secara otomatis.

image




Langkah 8
Jika langkah sebelumnya telah beres, saatnya kita melakukan personalisasi pada Windows yang akan kita gunakan nanti. Pertama,isikan nama pengguna (terserah anda) seperti gambar di bawah dan klik tombol next.

image


Jika diperlukan, isi password yang nantinya digunakan untuk masuk ke lingkungan windows yang telah diinstall dan next.

image


Masukan product key windows Anda dan next atau skip jika Anda belum memiliki product key.


image


Tahap selajutnya adalah mengatur update pada windows kita kelak, apakah secara otomatis di update, hanya bagian pentingnya yang di update atau jangan pernah melakukan update otomatis ketika terhubung dengan internet. 


image


Berikutnya mengatur Time zone, Tanggal dan Jam. Silakan di sesuaikan dan klik next.


image



Tunggu sampai sistem selesai menyimpan semua pengaturan yang telah Anda buat dan berhasil, sekarang PC Anda telah terinstall Windows.


image


Langkah 9
Setelah windows selesai di install, tahap selanjutnya adalah melakukan installasi driver pendukung seperti driver video, audio, bluetooh, wifi, dll.

Semoga tutorial ini dapat memberikan masukan tentang melakukan installasi sistem operasi Windows pada PC.





sumber :