[Object]
Home » » Syarat Pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor

Syarat Pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor

Jika ingin membayar pajak tahunan STNK kita bisa datang langsung ke kantor Samsat, Samsat keliling, ataupun gerai Samsat setempat dengan membawa KTP, STNK  asli sebagai bukti keasliannya. Dan tidaklah perlu membawa kendaraan ke Samsat karena tidak dilakukan pendataan nomor mesin dan nomor rangka motor (CEK FISIK).
Kita hanya perlu mengisi formulir permohonan perpanjangan pajak STNK sesuai dengan data di STNK dan BPKB, Formulir ini biasanya dapat diambil di loket pendaftaran atau foto copy surat-surat di tempat perpanjangan biasanya sudah disertai dengan formulir tersebut bahkan akan dibantu petugas foto copy mengisikan data-datanya. Selanjutnya Anda tinggal mengikuti prosedur yang akan saya jelaskan di bawah ini.

* Siapkan syarat pembayaran pajak STNK yang dibutuhkan yaitu :
STNK Asli + Fotocopy
KTP Asli (Fotocopy) sesuai dengan nama yang tertera di STNK dan BPKB

* Ambil formulir di loket pendaftaran, isi data-data dengan lengkap

* Setelah lengkap, Serahkan seluruh berkas permohonan perpajangan pajak STNK tersebut ke Loket Penyerahan Berkas.

* Tunggu panggilan petugas Samsat yang akan memberikan slip pembayaran, Perhatikan jumlah biaya yang tercantum di dalamnya, Jumlah itulah yang harus kita bayar.

* Ke Loket Pembayaran, Serahkan slip pembayaran dan uang sebesar biaya tercantum ke kasir.

* Selesai membayar, kita akan memperoleh bukti pelunasan pembayaran pajak, Serahkan bukti tersebut ke bagian pengambilan STNK.

* Tunggu panggilan dan kita akan diberikan STNK baru yang sudah diperpanjang. Jangan lupa pastikan nama, alamat, nomor kendaraan yang tercantum adalah milik Anda.




sumber :

Thanks for reading & sharing Sihaloho Sidapitu