[Object]
Home » » Flashdisk Memory Card Selalu Minta Diformat

Flashdisk Memory Card Selalu Minta Diformat


Menggunakan Command Prompt (CMD)
Cara pertama ini bisa diaplikasikan untuk mengatasi flashdisk, memory atau hardisk yang mengalami kerusakan sitem tidak terlalu parah, berikut adalah beberapa tahapannya.

" Silahkan buka Command Promt (tekan kombinasi tombol Windows + R) lalu ketikan cmd kemudian tekan enter.

 " Selanjutnya adalah melihat posisi drive yang bermasalah apakah ada di D, E atau F dst silahkan pastikan terlebih dahulu.

 " Jika sudah benar-benar yakin dengan posisi drive yang mengalami kerusakan, misalnya ada di drive D atau local disk D.

" Masuk ke drive yang rusak tadi melalui command prompt ketikkan di D: kemudian tekan enter, setelah itu ketikkan lagi chkdsk /f untuk menjalankan prosedur check sekaligus repair error yg terdeteksi pada saat checking disk, lalu tunggu hingga proses pengecekan selesai dan windows langsung me-repair apabila terdeteksi error pada flasdisk, memory atau harddisk.

 " Jika saat menjalankan chkdsk /f pada command prompt muncul tulisan seperti berikut Access Denied as you do not have sufficient previlages. You have to invoke this utility running in eleveted mode." itu berarti Anda tidak memiliki hak untuk menjalankan perintah tersebut, silahkan jalankan ulang command prompt dengan menggunakan akses Administrator, maka Anda tidak akan menemukan error itu lagi.

Menggunakan Error Checking (Windows Tool)

Cara  kedua ini adalah menggunakan bantuan tool bawaan windows yang cukup ampuh yaitu Error Checking Windows Tool. Berikut adalah cara menggunakannya.

// Silahkan buka Windows Explorer (tekan kombinasi tombol Windows + E) atau klik pada gambar folder di pojok kanan bawah layar monitor.
 // Selanjutnya adalah melihat posisi drive Anda yang bermasalah apakah ada di D, E atau F dst silahkan pastikan terlebih dahulu.
 // Jika Anda sudah benar-benar yakin dengan posisi drive yang mengalami kerusakan, misalnya ada di drive D atau local disk D.
 //  Klik kanan pada drive yang rusak tadi kemudian pilih properties, maka akan muncul jendela properties.


memory flashdisk yang mengalami kerusakan system


 // Klik pada tab tool pada bagian atas windows yang muncul kemudian fokus pada bagian Error checking dan tekan tombol check yang ada disebelahnya.


memory flashdisk yang mengalami kerusakan system


// Selanjutnya ikuti petunjuknya untuk melakukan scanning error pada drive yang dipilih kemudian tunggu beberapa saat hingga proses selesai.

Menggunakan Bantuan Software
Cara yang ketiga adalah menggunakan bantuan software, cara ini merupakan yang sering saya lakukan untuk mengatasi flashdik, memory atau hardisk yang minta diformat, karena menurut saya jika kerusakan pada perangkat sudah cukup parah, paling tidak data yang ada bisa diselamatkan terlebih dahulu, masalah nanti mau diformat atau tidak yang penting datanya sudah diselamatkan.

Jika menggunakan cara ini ada beberapa kemungkinan yang akan didapatkan, yaitu :
    File yang dicari bisa dikembalikan dengan utuh
    File yang dicari bisa dikembalikan tapi dalam keaadaan rusak (corrupt)
    File tidak bisa dikembalikan atau tidak ditemukan not recover.
Itu adalah beberapa keuntungan dan kelemahan menggunakan software, tapi lumayan jika file penting yang hilang dan bisa direcover kembali maka memformat flasdisk bukan perkara yang sulit, yang terpenting file sudah berhasil diselamatkan terlebih dahulu.
Untuk menggunakan bantuan software, Saya ada beberapa referensi diantaranya adalah ICare data Recovery Profesional, Get Data Back, Recuva dll. Jika Anda menggunakan bantuan software, cukup lakukan instalasi dan ikuti petunjuknya kemudian tunggu beberapa saat proses recover file yang ada pada flasdisk atau memory yang rusak tadi hingga selesai.




sumber :

Thanks for reading & sharing Sihaloho Sidapitu