[Object]
Home » » Cara Edit Template Blogspot

Cara Edit Template Blogspot

Beberapa pengaturan untuk membuat blog lebih profesional dan SEO Friendly berikut ini dari pengalaman bertahun-tahun menggeluti dunia blogging. Anda bisa jadikan rujukan untuk menata bagian-bagian dari blogspot yang baru kamu buat, mulai dari temanya, templatenya dan sebagainya.

1. Mengatur Judul dan Deskripsi Blogspot
Anggaplah kita sudah menentukan tema blog yang kita buat dan sudah selelesai memilih domain yang SEO Friendly dan tepat, dan sekarang blogspotnya sudah online. Nah, jika sudah masuk pada tahap itu maka yang dilakukan adalah langsung mengatur judul dan deskripsi blog baru yang kita buat. Pastikan, jangan lakukan apa-apa sebelum ini. Adapun caranya:
= Masuk ke Dashboard akun bloggermu. Sudah tau kan? Login dulu dengan masuk ke sini : https://www.blogger.com/home, setelah itu login pakai email dan password gmail yang kamu punya.
= Selanjutnya, di bagian “Setting” atau “Pengaturan” yang menunya ada di samping kiri, tepatnya di pengaturan Dasar kamu klik tulisan “edit” kecil di dekatnya.
Nah ada 2 yang harus di isi di bagian ini, yakni Title dan Description. Untuk title, usahakan maksimal 70 karakter saja, sedang deskripsinya buat dalam bentuk kalimat (jangan seperti kata kunci dengan koma-koma) dan maksimal 150 karakter (ingat! Bukan 150 kata ya!)

2. Mengaktifkan Deskripsi untuk Tiap Artikel Blog
Ini juga masuk dalam pengaturan penting dalam cara edit blogspot baru yang kita buat, jangan sampai tidak melakukannya. Adapun fungsinya, agar saat kita menulis artikel kita bisa membuat deskripsi singkat dari artikel tersebut. Dan yang lebih penting lagi adalah ini sangat mempengaruhi ranking artikelmu di google dan mesin pencari lainnya. Adapun caranya:
* Di bagian Setting atau ‘Setelan’, pilih “Preferensi dan Penelusuran’ yang ada di bawahnya.
* Lalu di bagian Deskripsi, klik tulisan ‘Edit’ yang ada di sampingnya. Nah, tinggal centang ‘Ya’ atau Yes untuk mengaktifkan, dan tidak usah diisi dengan deskrispsi di bawahnya.
* Setelah itu, tinggal klik ‘Simpan Perubahan’
Setelah mengatur ini kamu bisa lihat hasilnya. Caranya, coba buat artikel baru, maka di samping kanan halaman penulisan akan ada menu ‘Deskripsi’, nah kamu bisa isi bagian itu setiap kali menulis artikel yang disesuaikan dengan tema artikelnya dan maksimal 150 karakter.

3. Mengatur Menu /Tulisan dan Linknya
Pada saat pertama kali membuat blogmu maka templatenya akan menampilkan deretan artikel (jika sudah ada), header yang terletak di bagian atas yang terdiri dari link Menu dan Logo. Nah, dalam cara edit blog baru jadi ini, untuk mengatur link menunya, seperti info Kontak, Profil, Pasang Iklan dan sebagainya, maka baiknya buat dulu halaman-halamannya. Caranya, di bagian kiri dashboard, pilih menu ‘Laman’ atatu ‘Page’ kalau misalnya pakai bahasa Inggris. Nah, tinggal klik tulisan “Laman Baru’ di atasnya lalu kasi judul satu kata saja, missal ‘Profil’ dan di bawahnya isi dengan artikel soal profil blogmu.
Sedang, adapun untuk cara mengatur menu yang tampil di halaman depan template blogspot kita, maka berikut langkahnya:

^ Pilih menu “Template” di samping kiri Dashboard
^ Di bagian bawahnya, klik tulisan “Edit HTML”
^ Setelah terbuka halaman yang berisi banyak kode HTML bercampur CSS dan Javascript yang rumit, maka klik sembarang di bagian dalamnya, lalu klik di keyboard Ctrl + F, maka secara ototmatis di bagian kanan pojok halaman kode tersebut akan muncul kolom pencarian, nah tinggal ketik kata yang sesuai dengan menu yang sudah ada di template kamu (kan biasa kalau baru ganti template menunya sudah ada hanya saja kat adan link-nya tidak sesuai keinginan, nah cari dengan mengetik sesuai kata dari menu tersebut, missal tulisan menunya ‘bisnis’ tinggal ketik lalu tekan Enter di keyboard, pasti ketemu,


blog lebih profesional dan seo

^ Setelah ketemu kata yang dicari, selanjutnya tinggal ganti katanya dan link url nya, dan terakhir tinggal save.
^ Jika misalnya belum ada menunya sama sekali, dan baru ada menu “Home” maka caranya sama, cukup search juga kata ‘home’ tersebut lalu setelah ketemu copy kodenya mulai dari tulisan “<li>” sampai tag penutup “</li>” lalu taruh di bawahnya dan ganti nama dan linknya sesuai yang kamu mau , kurang lebih contohnya seperti ini :

<li><a href='https://www.caraspot.com/cara_buat'>Cara Bikin</a></li>

Tinggal ganti link nya mulai dari https sampai kata ‘buat’ tapi jangan hapus tanda petiknya [‘] di awal dan diakhir https) dan juga ganti tulisan ‘Cara Bikin’ dengan kata yang kamu inginkan

4. Cara Membuat dan Mengganti Logo
Adapun untuk mengganti yang sudah ada di template atau misalnya belum ada sama sekali, maka langkahnya adalah:
1. Masuk ke menu Tata Letak atau Layout
2. Setelah masuk di tata letak, biasanya ada tulisan ‘Header’, nah klik tulisan ‘edit’ berwarna biru di bawahnya.
3. Selanjutnya, jika gambarnya sudah ada dan mau memasukkan logo yang sudah kamu buat, maka klik saja ‘hapus gambar’ tapi bila belum ada dan kamu mau memasukkan gambarmu sendiri maka tinggal pilih filenya di komputermu dengan klik “Browse” atau bisa juga paste link gambar dari blog lain jika ada sebagaimana tersedia kolomnya di bawahnya. Tapi pastikan centang salah satu pilihan di bawah ini:
     * Di balik judul dan keterangan (berarti logonya tampak di balik judulnya)
     * Selain judul dan keterangan (hanya muncul logo saja dan judul dan keterangan tidak)
     * Tempatkan keterangan setelah gambar (muncul deskripsi setelah gambar logo blogmu)
Jika setelah mengganti gambar logo blog dan tidak pas maka kamu bisa menghapusnya dan buat ukuran gambar baru di komputer dan mengulang lagi cara di atas sampai didapatkan ukuran yang sesuai.

5. Cara Menambah dan Menghapus Widget
Jadi widget adalah semacam aplikasi ringan dalam blog yang punya banyak fungsi, seperti menampilkan artikel terbaru, artikel terpopuler, daftar kategori atau label dan sebagainya. Adapun caranya:
1. Masuk ke menu “Tata Letak” atau “Layout”
2. Jika mau buat fitur Widget atau Gadget baru maka cukup klik tulisan “Tambahkan Gadget” atau “Add Widget”, tapi bila sudah ada dan mau diganti klik saja ‘edit’ di bawahnya.
3. Anggaplah kita mau buat widget Artikel Terpopuler, nah setelah klik “tambahkan Gadget” akan muncul halaman melayang kecil, tinggal cari saja widget bernama “Entri Populer” lalu klik icon ‘tanda tambah’ (+) di sampingnya.
4. Terakhir tinggal edit berapa maksimal artikel popular yang akan ditampilkan lalu ‘Save’
Jika tempatnya belum tepat maka kamu bisa pindahkan posisinya dengan cukup Drag and Drop, maksudnya kamu klik lalu tahan dan angkat, kemudian letakkan dimana saja kamu mau.

6. Mengganti Footer

Maksud dari Footer sendiri adalah tulisan kecil yang ada di bagian bawah template yang biasanya bertuliskan judul blogmu, copyright dan juga kadang link atau pun menu lain seperti data Statistik, Sitemap dan lainnya.
Adapun langkah dalam merubah footer tersebut sama dengan mengganti menu di atas, yakni dengan masuk ke Template >> Edit HTML >> lalu search sesuai kata yang terlihat di footer dan tinggal ganti tulisannya atau linknya jika bentuknya link.

7. Menghapus tulisan Powered By Blogger

Jika kamu merasa tulisan tersebut menggangu maka kamu juga masih bisa menghapusnya dengan cara mencari lewat Edit HTML juga seperti halnya saat ingin edit link Menu, tapi yang dicari adalah kata kode berikut :
1. Cari tulisan “Attribution” atau “Attribusi”  lalu hapus kodenya mulai dari <b:widget id= sampai tulisan </b:widget> , dan bila belum ketemu maka gunakan cara kedua di bawah ini.
2. Cari kode seperti berikut (ketik lalu search saja tulisan “<b:widget id” (tanpa tanda petik) yang ada tulisan Attribution atau Attribusi di sampingnya, dan di bawah ini contoh kodenya:

<b:widget id='attribution' locked='false' title='' type='HTML' visible='true'>

<b:includable id='main'> <b:if cond='data:title != &quot;&quot;'> <h2 class='title'><data:title/></h2> </b:if> <div class='widget-content'> <data:content/> </div> </b:includable>

</b:widget>

Jika sudah ketemu maka hapus mulai dari <b:widget id sampai tag penutupnya </b:widget>

                     >>> Pengaturan Tambahan untuk Blog Baru <<<

Berikut ini akan saya jelaskan satu per satu berdasarkan semua Menu yang ada di samping kiri Dashboard dari akun bloggermu.

a. Ikhtisar

Bagian ikhtisar hanya berisi info umum dari blogmu, seperti statistic, jumlah komentar dan artikel terbaru, tips-tips blogging dan selainnya. Dan bagian ini sama sekali tidak butuh setting apa pun karena hanya info saja.

b. Pos

Ini adalah menu untuk mulai posting atau menulis artikel. Klik menu tersebut maka kamu akan masuk ke deretan artikel yang sudah dipublikasikan maupun yang belum yang masih dalam bentuk Draft.
Untuk mengedit tulisan maka cukup arahkan kursor di bagian atas judul tulisan maka akan muncul 4 pilihan:
 Edit – Untuk merubah atau menambah isi tulisan dan juga judulnya.
 Lihat – Untuk melihat tampilan tulisan sebenarnya pada saat online.
 Berbagi – Jika ingin share hasil tulisanmu di Google +
 Hapus – Untuk menghapus tulisan yang sudah kamu buat.
Adapun untuk membuat tulisan baru, maka cukup klik tombol berwarna oranye yang tulisannya “Entri Post” yang ada di kiri atas.

c. Laman

atau Page Ini hampir sama dengan membuat artikel, hanya saja ini fungsinya hanya untuk membuat artikel profil atau keterangan dari blog, seperti halaman Profil, Kontak, Privacy Policy, Pasang Iklan dan sebagainya. Cara mengeditnya juga sama dengan artikel.

d. Google+

Ini adalah salah satu akun jejaring sosial yang dibuat oleh Google, ya mirip facebook dan twitter lah. Pastikan kamu aktifkan dulu bagian ini dan centang pilihannya (bagian pertama dan ketiga baiknya dicentang):
    Bagikan secara otomatis setelah mengeposkan ? (centang ini)
    Ingatkan untuk berbagi setelah mengeposkan ? (tidak usah)
    Gunakan Google+ Komentar di blog ini ? (baiknya dipilih)

e. Statistik

Di menu ini juga tidak diperlukan setting sama sekali, hanya untuk melihat data kunjungan per hari, minggu atau bulan. Istilahnya ‘pageview’ atau tampilan laman blog. Ini perlu dicek tiap hari untuk mengetahui apakah pengunjung blogmu berkembang terus atau malah turun.

f. Penghasilan

Jika kamu sudah mengatur semua menu dalam blogmu, dan blogmu sudah berumur minimal 3 bulan dan artikelnya minimal 50 artikel serta kunjungan per harinya bisa sampai minimal 5000 per hari maka kamu bisa gunakan menu Earning ini untuk mendaftar mendapatkan kode iklan Adsense sehingga bisa menghasilkan uang dari blog gratisan yang kamu kelola.

g. Kampanye

Nama lain dari menu blogspot ini adalah ‘Adwords’. Kalau Adsense di atas untuk menghasilkan uang, yang ini sebenarnya untuk mengeluarkan uang. Kenapa? Ya karena Adwords ini untuk pasang iklan di Google dengan biaya per klik, jadi blogmu akan muncul di banyak halaman blog dan menghasilkan kunjungan yang banyak pula, tapi pastinya butuh biaya.
h. Tata Letak
Sudah dijelaskan di atas. Fungsinya untuk mengatur letak widget atau pun menambah gadget baru. Adapun cara memindahkan widgetnya cukup di klik, tahan, lalu lepas di posisi yang kamu hendaki, baik di bagian sidebar atau pun di bawah artikel.

i. Template

Sudah diterangkan juga. Hanya satu yang belum, yakni bila kamu klik tombol oranye “Sesuaikan” atau “Setting” maka akan masuk ke halaman pengaturan dasar blogmu, seperti ukuran tulisan, warna background, lebar halaman dan template blog dan sebagainya. Tapi, pastikan klik “terapkan ke blog’ yang ada di pojok kanan atas untuk menyimpan hasil editmu.

j. Setelan atau Setting

Menu yang satu ini bisa dibilang sangat penting untuk pengaturan SEO blog yang dikelola. Untuk itu saya mau menjelaskan kembali bagian-bagiannya:

    Dasar – Pada bagian ini yang perlu di atur adalah Judul dan Deskripsi dan kebetulan sudah dijelaskan di atas. Selain itu, untuk merubah blogspot jadi .com juga lewat sini tapi sudah dijelaskan di artikel sebelumnya jadi tinggal kunjungi link tersebut. Juga untuk tambah penulis yang bisa login, cukup klik “Tambah Pengarang” lalu masukkan email gmail penulisnya dan simpan.

    Pos dan komentar – Yang diatur di bagian ini adalah jumlah artikel yang muncul di halaman utama, tinggal ganti angkanya lalu klik “Simpan setelan” di bagian kanan atas. Selain itu letak komentar di bawah artikel juga bisa di atur, kalau tidak mau mengambil banyak tempat, pilih ‘tersemat’ saja.

    Email – Saya sendiri tidak pernah menggunakan fitur ini, kecuali misalnya mau kirim postingan lewat email maka bisa pakai cara ini. Caranya tulisa kata di kolom antara namamu dan @blogger.com nantinya alamat tersebut bisa kamu pakai untuk posting artikel lewat email. Contoh alamat emailnya, missal caraspot.email@blogger.com (pastikan hanya mengetik kata ‘email’ tersebut tanpa titik, dan itu hanya contoh, bisa pakai kata lain)

    Bahasa dan pemformatan – Bagian ini juga baiknya di atur, terutama zona waktu dan bahasa yang digunakan.
    Preferensi penelusuran – Sudah ada penjelasannya di atas, yaitu untuk mengaktifkan deskripsi blog. Selain itu, bisa juga untuk buat redirect atau pengalihan dari satu artikel ke artikel lain yang masih dalam satu blog dengan cukup ketik kata dari url nya

    Lainnya – Fitur blogspot ini dipakai untuk mengimpor dan ekspor blog, artinya kita bisa memasukkan ratusan artikel sekaligus dari file berformat XML dengan pakai fitur ekspor ini. Demikian juga, kita bisa pakai backup file blog dengan klik fitur ekspor. Dan yang perlu dilakukan juga adalah mengatur ‘Umpan situs” di dalamnya dengan memilih “singkat” agar artikel blognya tidak bisa dicopy otomatis langsung semua artikelnya.




sumber :

Thanks for reading & sharing Sihaloho Sidapitu